3 Makanan yang Efektif Menyembuhkan Luka

Siapapun pasti tidak menginginkan ada luka pada tubuhnya. Tapi kecelakaan yang tidak terhindari membuat sejumlah luka pada tubuh yang meskipun sudah kering akan meninggalkan bekas. Adanya luka dalam tubuh membuat beberapa orang merasa tidak percaya diri karena terlihat menjijikkan. Untuk yang mengalami luka serius, justru malah merepotkan karena menghambat aktivitas yang harus dilakukan. Untuk itu banyak sekali yang mencari cara cepat menyembuhkan luka.

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan luka dengan cepat. Dari menggunakan obat-obatan yang herbal maupun kimia, atau dengan menggunakan cara alami. Cara agar luka cepat kering dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. Berikut 3 makanan yang efektif menyembuhkan luka dengan cepat.

Seafood atau Makanan Laut
Seafood dikenal sebagai makanan yang kaya akan kandungan proteinnya. Selain protein, seafood juga mengandung zinc yang sangat membantu dalam memproduksi kolagen sehingga membuat proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat. Zinc bekerja dengan memaksimalkan fungsi imun dan enzim agar dapat dengan cepat mengubah protein menjadi asam amino. Asam amino ini berfungsi untuk pertumbuhan sel-sel otot.

Telur
Banyak yang bilang ketika memiliki luka sebisa mungkin menghindari telur, padahal telur memiliki peran penting dalam mengatasi proses penyembuhan luka. Protein yang tinggi dalam telur, selain dapat mempercepat penyembuhan juga dapat menjaga luka dari bakteri yang ingin masuk dalam luka yang terbuka. Bahkan perlindungan ini juga berlaku hingga luka akan tertutup.

Lemon
Lemon memang dikenal khasiat dalam mengatasi masalah kulit. Tidak terkecuali kemampuannya untuk mengatasi kulit yang terluka. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon membuat regenerasi kulit menjadi lebih cepat sehingga membuat luka menjadi cepat kering. Lemon juga dapat membantu luka sembuh tanpa meninggalkan bekas. Namun untuk hasil maksimal sebaiknya konsumsi lemon sampai luka benar-benar kering. Untuk menetralkan rasanya yang asam, lemon ini dapat dicampurkan dengan madu. Madu tidak akan mengubah kandungan yang terdapat pada lemon.

Tinggalkan Balasan