Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan ketika Aktif Berorganisasi

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan ketika menjadi seorang siswa atau mahasiswa adalah dengan aktif mengikuti berbagai macam organisasi. Organisasi yang kamu ikuti bisa kamu sesuaikan dengan minat dan keinginan kamu. Di bangku sekolah, kamu mulai mengenal organisasi yang dinamakan OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah. Nantinya, setelah usiamu bertambah, aan ada semakin banyak bentuk organisasi yang bisa kamu ikuti. Mulai dari organisasi debat, pramuka, dan organisasi lain yang bisa memberikan kamu banyak manfaat.

Namun, sayangnya tidak semua orang tertarik untuk mengikuti organisasi. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh berbagai macam hal. Mulai dari keinginan untuk fokus di bidang akademik saja, tidak ingin menghabiskan waktu untuk memikirkan persoalan organisasi, dan lain sebagainya. Padahal, alasan tersebut tidak sepenuhnya benar. Kamu masih bisa memiliki catatan akademik yang mengagumkan meski banyak mengikuti kegiatan organisasi. Kesediaanmu untuk memikirkan persoalan organisasi juga akan membuatmu berlatih untuk selalu memiliki pola pikir yang baik. Di bawah ini akan dijelaskan alasan mengapa kamu sebaiknya mengikuti berbagai macam organisasi yang ada di sekitarmu.

1. Jumlah teman akan bertambah
Mengikuti sebuah organisasi tentu saja akan langsung memberikanmu banyak teman. Dengan memiliki jumlah pertemanan yang bertambah, tentu saja hal ini akan berdampak baik bagi pengembangan dirimu. Kamu jadi bisa memahami berbagai macam bentuk atau karakter seseorang yang akan berguna bagi kehidupanmu kelak. Menjalin pertemanan juga akan membuka kesempatanmu untuk menemukan banyak hal baru. Siapa yang menyangka bila berteman dengan anggota organisasi yang lain bisa menjadikan sebuah ide bisnis baru muncul. Itulah mengapa banyak orang yang tertarik untuk mengikuti organisasi agar konektivitas yang dimilikinya juga ikut berkembang.

2. Meningkatkan rasa percaya diri
Mengikuti sebuah organisasi akan memberikan dampak yang baik bagi dirimu bila mampu mengembangkan kemampuan lain. Rasa percaya dirimu bisa terasah dengan ikut organisasi. Dalam organisasi, anggotanya diharap bisa mengeluarkan pendapatnya terkait persoalan yang sedang dibahas. Dengan mengikuti organisasi, rasa percaya dirimu untuk mengeluarkan ide atau saran sangat mungkin untuk dilatih. Bahkan bila kamu sudah terbiasa memberikan solusi atau ide, komentarmu akan selalu ditunggu ketika rapat.

3. Belajar mengatur waktu
Banyaknya kegiatan yang perlu kamu ikuti dalam organisasi akan membuatmu berlatih untuk selalu mengatur waktu dengan baik. Jangan sampai kegiatan lain yang juga penting menjadi terlupakan hanya karena waktumu hanya kamu gunakan untuk menyelesaikan tugas organisasi.

Banyaknya manfaat yang bisa didapat dari mengikuti organisasi sangatlah bergantung dari bagaimana sudut pandang kamu dalam menilai sesuatu. Motivasi dari dalam diri sendiri menjadi hal lain yang perlu kamu perhatikan agar kamu tidak mudah menyerah dalam mengembangkan potensi yang kamu miliki.

Tinggalkan Balasan