Mana Lebih Baik, Kamera Mirrorless Sony A7 II atau Sony A6300/A6500?

Perkembangan kamera mirrorless dalam 10 tahun terakhir ini terbilang sangat pesat. Bahkan saat ini terdapat sejumlah fitur dari kamera mirrorless yang sudah melewati DSLR. Sebagai salah satu perusahaan teknologi kenamaan, Sony, pun memiliki beberapa produk jagoan mereka di segmen ini.

Salah satunya adalah kamera mirrorless Sony A7 II. Kamera ini harganya ada di kisaran angka Rp 20 jutaan. Namun, masih ada sebagian orang yang membandingkan seri ini dengan Sony A6300 dan A6500. Mana pilihan yang terbaik?

Kelebihan Kamera Mirrorless Sony A7 II

Sebenarnya kamera mana yang terbaik itu tergantung pilihan masing-masing fotografer. Namun supaya kamu menemukan kamera mana yang paling cocok, mari kita bandingkan keduanya.

Mulai dari kamera mirrorless Sony A7 II, yang hadir dengan teknologi canggih dan lengkap. Kamera ini dilengkapi stabilizer gambar dengan lima titik. Hal ini memungkinkan fotografer mendapatkan gambar terbaik meski terjadi guncangan, baik pada saat pengambilan gambar diam maupun bergerak. Ini sekaligus menjadi kamera pertama dengan fitur tersebut untuk kategori mirrorless full-frame.

Keunggulan selanjutnya adalah dari segi sensor gambar yang kualitasnya bisa mencapai 24 MP. Adanya prosesor BIONZ X juga membuat hasil jepretan kamu lebih hidup, tajam dan memiliki detail amat tinggi. Sony A7 II memiliki lensa jenis E-Mount yang sudah mumpuni dan kompatibel dengan berbagai macam lensa baru karena dibantu dengan keberadaan adapter. Jadi, soal kualitas gambar tidak perlu diragukan lagi, ya.

Ngomong-ngomong soal full-frame, memang apa kelebihannya? Sensor full-frame yang dimiliki oleh kamera mirrorless Sony A7 II dapat menghasilkan gambar jauh lebih terang dalam kondisi kurang cahaya dan harus menggunakan ISO tinggi pada kamera.

Sementara itu dari segi desain, sebenarnya Sony A7 II bobotnya agak lebih berat dengan kebanyakan kamera mirrorless buatan Sony. Akan tetapi masih jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan DSLR. Keuntungan bodi yang agak tebal ini adalah desainnya jadi lebih kompak dan kokoh. Perlu kamu tahu bahwa material utama kamera mirrorless ini adalah logam magnesium alloy. Dengan begitu, grip-nya sangat nyaman pada saat digunakan.

Kelebihan Kamera Mirrorless Sony A6300/A6500

Beralih ke kamera mirrorless Sony lainnya yang sering dibanding-bandingkan dengan Sony A7 II, yakni A6300 atau A6500. Keduanya adalah seri yang berbeda, namun secara keseluruhan sebenarnya hampir mirip.

Dari segi bobot, Sony A6300 lebih ringan karena desainnya lebih ramping dan ringkas. Tampak sederhana seperti rangefinder dan ukuran lensanya pun tidak terlalu besar. Kamera ini sangat pas untuk dibawa bepergian. Akan tetapi, berat totalnya bisa berubah apabila kamu menggunakan jenis lensa tertentu. Jika kamu memasang lensa 28-70mm pada kamera mirrorless Sony A7 II dan lensa 18-105mm f/4 pada A6300/A6500 maka bobotnya kurang lebih akan sama.

Kemudian yang membuat Sony A6300/A6500 berbeda adalah kecepatan autofocus-nya dan foto beruntun. Untuk merekam video pun hasilnya cukup baik dengan kualitas mencapai 4K. Nah, ada dua fitur utama yang mungkin cukup krusial dalam menentukan pilihan kamu di antara dua jenis kamera ini.

Pada Sony A7 II terdapat built-in stabilizer, seperti yang disampaikan di awal tadi. Fitur ini tidak ada pada A6300, namun ada pada A6500. Pada seri A6300/A6500 tidak ada jack untuk headphone, sedangkan pada Sony A7 II ada. Lalu dari segi shutter speed dan flash sync speed, ternyata A6300/A6500 juga masih kalah dari Sony A7 II.

Jadi Harus Pilih yang Mana?

Jika disimpulkan, sebenarnya tidak ada keharusan memilih salah satu. Bagi fotografer, beberapa keunggulan dari kamera mirrorless Sony A7 II yang disebutkan terakhir di atas biasanya lebih disukai. Sedangkan bagi orang-orang yang hanya sekadar hobi, hal tersebut tidak terlalu dipikirkan.

A7 II sangat direkomendasikan untuk fotografer profesional atau yang ingin serius mendalami fotografi, karena cocok untuk segala kondisi cahaya. Sementara A6300/A6500 lebih cocok untuk fotografi ringkas dan membutuhkan kecepatan tinggi, misalnya merekam aksi olahraga atau memotret satwa liar.

Bagaimana? Sudah menentukan pilihan? Jika sudah, kamu bisa membandingkan harga kamera mirrorless murah di Bhinneka.com. Dapatkan harga terbaik dan produk orisinal.

Tinggalkan Balasan