Tetap Fit Dan Semangat Saat Berpuasa Untuk Penderita Diabetes

Memasuki bulan puasa tentunya adalah salah satu hal yang di tunggu-tunggu banyak orang. Namun hal ini bukan hal yang mudah untuk mereka yang memang mengidap diabetes. Banyak yang mengatakan bahwa penderita diabetes tidak bisa ikut langsung menjalankan ibadah puasa dan mereka harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter yang bersangkutan.

Banyak hal yang membuat para penderita diabtese memang berhati-hati dalam menjalankan ibadah puasa dan tidak bisa sembarangan menjalankan. Puasa bagi penderita diabetes adalah salah satu hal yang cukup berat, pasalnya, puasa pada bulan Ramadhan merupakan salah stau aktivitas menahan haus dan rasa lapar selama kurang lebih 24 jam.

Dalam hal ini, puasa bagi penderita diabetes adalah salah satu hal yang harus di perhatikan karena kadar glukosa akan turun dan beresiko menyebabkan peningkatan resiko munculnya komplikasi yang tidak diinginkan. Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa hingga 12 ribu pasien banyaknya di 13 negara yang memang menjalankan ibadah puasa mengalamai komplikasi akut.

Banyak potensi atau resiko berpuasa bagi penderita diabetes, yaitu :

1. Menderita hipoglikemi saat berpuasa.
Dalam hal ini dimana kadar gula darah turun dibawah batasan normal seharusnya. salah satu faktor utama dari hipoglikemi adalah kurangnya asupan makanan dan bahkan dapat menyebabkan kematian pada 2 hingga 4 % pasien penderita diabetes tipe 1.

2. Menderita atau mengalami Hiperglikemi saat berpuasa.
Berbeda dengan hipoglikemi, hiperglikemi sendiri menunjukan kondisi tubuh dimana mengalami peningkatan kadar gula dara yang berada diatas kondisi normal seharusnya. Biasanya penderita diabetes tingkat dual ah yang mengalami kondisi yang satu ini. Hiperglikemi sendiri biasanya di sebabkan oleh pengkonsumsian obat yang berkurang namun dengan konsumsi makanan yang berlebihan.

3. Dehidrasi dan thrombosis
Saat berpuasa memang asupan cairan terbatasi, dalam hal ini resiko dehidrasi pun semakin besar. Dehidrasi sendiri biasanya dapat terjadi pada orang yang memang melakukan kondisi kerja fisik yang cukup banyak dan terutama untuk anda yang memang berada oada iklim atau suhu yang panas dan kelembapan yang tinggi.

Dengan beberapa resiko yang ada, untuk anda yang memang pengidap penyakit diabetes dapat melakukan beberapa hal ini selama menjalankan ibadah puasa:

1. Anda bisa nelakukan pemantauan kadar gula darah setiap harinya. Hal ini adalah hal yang sederhana yang dapat anda lakukan terutama untuk pengidap diabetes tipe 1 dan 2.
2. Jangan lupa untuk tetap perhatikan asupan nutrisi. Memang pada bulan puasa pola makan yang berkurang menjadi salah satu masalah kesehatan yang di alami oleh pengidap diabetes. Terutama saat berbuka anda tetap harus memperhatikan asupan makanan agar tidak berlebihan terutama supan karbohidrat dan lemak yang masuk.
3. Jalankan aktifitas fisik yang tetap dapat anda jalankan. Namun, jangan sampai aktifitas fisik yang berlebihan. Anda tetap dapat melakukan kegiatan olahraga terutama sehabis berbuka puasa.

Tinggalkan Balasan