Tips Mudah Merawat Kamera Digital

Memiliki kamera memang merupakan hal yang menyenangkan terutama bagi Anda yang memiliki hobi fotografi. Apalagi dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kamera telah berkembang sedemikian rupa memudahkan siapa pun yang memakainya. Salah satu yang banyak diminati adalah kamera digital karena ia cukup praktis dan mudah pemakaiannya. Namun untuk bisa mendapatkannya pasti Anda perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karenanya merawat kamera adalah sebuah keharusan.

Tips Mudah Merawat Kamera Digital

Pentingnya Merawat Kamera

Memberikan perawatan pada kamera digital Anda tidak lain adalah untuk membuatnya bisa lebih tahan lama dalam pemakaian (lebih awet) dan tidak mudah rusak. Banyak orang yang memilih kamera dengan kualitas bagus namun tidak tahu bagaimana cara merawatnya. Untuk itu, inilah tips sederhana yang bisa Anda terapkan untuk merawat sebuah kamera.

1. Pembersihan Kamera dan Lensa Secara Rutin
Pembersihan ini diperlukan karena akan berpengaruh pada kualitas hasil bidikan Anda. Sebaiknya Anda melakukan pembersihan setiap satu minggu sekali secara teratur. Pilihlah lap yang bertekstur kering dan halus. Jangan lupa untuk melakukan pembersihan pada beberapa komponen yang memungkinkan.

2. Hindari Goresan
Lensa kamera adalah bagian inti yang berpengaruh pada kualitas gambar yang akan Anda dapatkan. Berhati-hatilah saat membersihkan atau menggunakannya, hindari adanya goresan dengan memasang filter UV/Skylight.

3. Hindari Kontak Langsung dengan Matahari
Saat menggunakan kamera, hindari secara langsung terkena paparan matahari. Hal ini dikarenakan panas matahari yang terlalu lama mengenai kamera bisa merusak komponen yang ada di dalamnya.

4. Hindari Guncangan Berlebihan
Sebaiknya Anda juga selalu berhati-hati saat membawa kamera bepergian. Pasalnya jika Anda asal menaruh, kamera bisa saja terkena benturan atau guncangan yang berlebihan hingga berdampak pada kerusakan kamera. Bawalah selalu tas khusus kamera.

5. Hindari Kapur Barus
Apabila Anda menyimpan kamera di dalam lemari atau tempat tertentu, pilihlah area yang bersih dan jauh dari keberadaan kapur barus. Hal ini dikarenakan kapur barus dapat merusak chip di dalam kamera digital Anda bahkan mampu membuat noda atau flek pada lensa kamera.

6. Lakukan Servis Secara Berkala
Jika Anda tidak yakin dengan perawatan kamera yang Anda lakukan sendiri, cara lain yang bisa Anda tempuh adalah dengan membawanya ke tempat khusus. Dimana tempat ini sudah terpercaya untuk melakukan perawatan atau perbaikan kamera. Sehingga pembersihan kamera yang Anda miliki bisa dilakukan hingga ke bagian dalam.

7. Hindari Terkena Air Laut
Sering kali saat bepergian atau berwisata Anda membawa kamera termasuk saat pergi ke pantai. Pastikan Anda selalu berhati-hati dan menghindarinya terkena cipratan air laut. Pasalnya air laut yang asin sangat berpotensi membuat karat terutama pada kamera ataupun ponsel. Maka dari itu, jagalah baik-baik kamera Anda saat mengunjungi pantai.

Beberapa tips di atas bisa Anda aplikasikan di rumah, agar kamera digital yang Anda miliki lebih awet.

Bingung Cari Kamera ataupun Komponennya? Bukalapak Saja!

Kini tidak hanya ingin mendapatkan kamera utuh, di situs jual beli online Bukalapak Anda juga bisa menemukan beragam komponen dan aksesoris kamera, termasuk kamera digital Canon. Sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir mencari perlengkapan untuk mengganti atau merawat komponen pada kamera yang Anda miliki. Di Bukalapak semua komplit dengan harga dan kualitas yang tidak perlu Anda ragukan lagi. Sayangi kamera Anda dengan merawatnya secara rutin.

Tinggalkan Balasan